• Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah

    Pawai Rakyat Saat Konferensi Inter Indonesia Pertama



    Setelah Yogya kembali (awal Juli 1949), diadakanlah Konferensi Inter Indonesia pertama yang berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 19-22 Juli 1949. Ketika konferensi berlangsung, atas usaha masyarakat sendiri diadakanlah pawai rakyat. Terkesan demokrasi sudah berjalan saat itu. Seolah rakyatlah yang mengingatkan pemerintah seperti terlihat pada spanduk terbuat dari bagor ini. 

    Tampak tulisan, "BAPAKKU, Tetap Langkah Pemuka Rakjat. Dalam Sejarah akan Tetap Tertjatat. DARAH telah mengalir. TJAPAILAH Kemenangan Rakjat." dan sebagainya. Kalau saja bisa didorong kreatifitas demokratis rakyat saat ini pasca 22 Juli 2014 besok, mungkin bisa diredam kecemasan apa yang bakal terjadi pasca pemilu ? Inikan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, mengapa kita harus saling berseteru. 

    Dahulu saja 65 tahun yang lalu kok rakyat lebih cerdas ? Saat itu menghadap tuntutan perpecahan menjelang KMB, kita bisa bersatu padu demi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Mestinya sejarah bisa membuat kita cerdas bukan ?

     

    Tentang Blog

    Seluruh artikel dan foto-foto di dalam website ini merupakan saduran dari berbagai sumber diantaranya adalah social media (facebook, twitter, tumblr, dll) dan wikipedia.

    Tujuan Blog

    Adapun website ini bertujuan pembelajaran kepada semua orang untuk kembali mengenang, menyebarkan dan mengingat "Sejarah Republik Indonesia"

    Licenses

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License And some of them are licensed under the copyright holder..