• Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah

    Jakarta By Pass



    Ada yang tahu kapan persisnya jalan A.Yani yang dahulu namanya Jakarta By Pass dibangun ?. Yang pasti jalan yang mendapat bantuan Amerika Serikat ini diresmikan oleh BK pada tanggal 21 Oktober 1963. 

    Foto Kiri, Dr Soemarno Gubernur DKI saat itu membacakan sambutannya. 

    Foto Kanan BK menggunting pita didampingi Duta Besar Amerika Serikat H.Jones.

    Konon biaya pembangunan jalan Jakarta By Pass itu bukan bantuan Amerika secara cuma2, tapi hasil negosiasi BK yang menukarnya dengan pembebasan Allan Pope. Seperti kita ketahui bahwa Allan Pope adalah seorang pilot berkebangsaan Amerika yang dikirim untuk membantu Pemberontak PRRI/Permesta. Pesawat Allan Pope ditembak jatuh oleh TNI. Pope bisa selamat tapi berhasil ditangkap oleh pihak TNI dan kemudian menjadi tahanan Pemerintah RI. Amerika datangkan alat2 berat Caterpillar banyak yg saat itu langka. Bersamaan dgn bangun Senayan. Jadi Senayan luai jadi jalan itu mulai tampak

    2 comments:

    Hafiz Channel mengatakan...

    kalau boleh ada foto-foto lebih lanjut mengenai peresmian djakrta bypass ini?.terimaksih

    Hafiz Channel mengatakan...

    kalau boleh tahu apakah ada foto-foto lebih lanjut mengenai peresmian djakarta bypass ini?,terimakasih

     

    Tentang Blog

    Seluruh artikel dan foto-foto di dalam website ini merupakan saduran dari berbagai sumber diantaranya adalah social media (facebook, twitter, tumblr, dll) dan wikipedia.

    Tujuan Blog

    Adapun website ini bertujuan pembelajaran kepada semua orang untuk kembali mengenang, menyebarkan dan mengingat "Sejarah Republik Indonesia"

    Licenses

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License And some of them are licensed under the copyright holder..